Langsung ke konten utama

Serangan bom di tiga gereja Surabaya: Pelaku bom bunuh diri 'perempuan yang membawa dua anak

Serangan bom di tiga gereja Surabaya
Pelaku bom bunuh diri 'perempuan yang membawa dua anak


bom meledak


PELANGIQQ NIGHT STORY Pelaku bom bunuh diri di salah-satu gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/05), diduga seorang ibu yang membawa dua anaknya, kata seorang pejabat polisi setempat.

"Ibu dan dua anaknya yang berupaya masuk ruang kebaktian ini sempat dihalau oleh seorang sekuriti di pintu masuk GKI jalan Diponegoro, Surabaya, sebelum kemudian (ketiganya) meledakkan diri di halaman gereja," kata Wakapolrestabes Surabaya, Ajun Komisaris Besar Benny Pramono.
Keterangan kepolisian ini berdasarkan kesaksian seorang satuan pengaman (satpam) gereja GKI di jalan Diponegoro, Surabaya.

Ibu dan dua anak tersebut berupaya masuk ke ruang kebaktian ini, sempat dihalau oleh seorang satpam di pintu masuk GKI Jalan Diponegoro Surabaya, sebelum kemudian mereka meledakkan diri di halaman gereja.

"Sekuriti yang menghalaunya adalah salah satu korban yang terluka parah," ucap Benny kepada wartawan. Menurut Benny, perempuan dewasa dan dua anak tersebut tewas seketika di lokasi kejadian. Belum diketahui hubungan antara perempuan dan dua bocah tersebut.

 Korban tewas terus bertambah  

Sampai sekitar pukul 13.00 WIB. Jumlah korban tewas akibat ledakan tiga gereja di Surabaya dan korban tewas terus bertambah menjadi sepuluh orang dan melukai 40 orang lainnya, kata pejabat kepolisian. Hasil identifikasi sementara kepolisian, sekitar pukul 13.00 WIB, menyebutkan, sepuluh orang tewas dan 40 orang lainnya dilarikan ke rumah sakit terdekat karena mengalami luka-luka.

peta ledakan

Menurut polisi, bom pertama meledak sekitar pukul 07.30 WIB di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya Utara, Surabaya. Selang sekitar lima menit kemudian bom kedua meledak di gereja Pantekosta di jalan Arjuno, dan tidak lama kemudian bom meledak di gereja GKI di jalan Diponegoro, kata polisi. Empat orang tewas akibat ledakan bom di depan Gereja Santa Maria, dua orang tewas di gereja Pantekosta serta dua orang tewas lainnya di depan gereja GKI, ungkap Frans Barung.

bom meledak

Polisi masih melakukan identifikasi terhadap korban yang meninggal dunia, dan jubir Polda Jatim belum dapat memastikan apakah pelaku termasuk korban yang tewas dalam serangan bom ini. Frans Barung mengatakan, kepolisian akan menyampaikan perkembangan dari waktu ke waktu setiap jam.

bom meledak

'Saya melihat pelaku perempuan..."

Seorang saksi mata di Gereja Katolik Santa Maria, Lia, mengatakan dirinya hendak menuju gereja Santa Maria saat bom meledak. "Sudah dekat di lokasi, sekitar 100 meter, ada kerumunan massa, dan terdengar teriakan "Pulang! Pulang!" Saya sempat lihat prutulan (potongan) daging di sekitar lokasi. Takut, saya putar balik ke rumah," ungkapnya kepada wartawan BBC, Jerome Wirawan.

bom meledak

Sementara saksi lainnya, seperti dilaporkan Detik.com, mengaku melihat seorang perempuan membawa dua anaknnya yang dilihatnya "meledakkan dirinya di depan halaman" Gereja Katolik Santa Maria di Jalan Ngagel Madya Utara Surabaya . "Saya sempat melihat dua orang anak dan ibunya datang membawa dua tas," kata satpam, Antonius kepada wartawan di lokasi, Minggu (13/05).

bom meledak

Awalnya, menurutnya, petugas menghadang perempuan dewasa tersebut di depan pagar halaman gereja, tetapi ibu itu tetap mencoba masuk. "Tiba-tiba saja ibu itu memeluk petugas," ungkapnya. "Tiba-tiba (bom) meledak," ungkap Antonius. Dimintai konfirmasi atas kesaksian ini, Jubir Polda Jatim Kombes Frans Barung mengatakan pihaknya belum bisa memastikan karena polisi masih dilakukan identifikasi terhadap delapan korban yang tewas.

ISIS di balik serangan bom tiga gereja?

Pengamat masalah terorisme dari Universitas Indonesia, Stanislaus Riyanta, mengatakan, dilihat dari model dan karakteristik serangan bom di tiga gereja di Surabaya, ada indikasi kuat pelakunya adalah kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau dulu disebut ISIS. "Sasaran aksi teror di Indonesia hanya dua, tempat ibadah dan Polisi. Ini gayanya ISIS dan harus diwaspadai," kata Stanislaus Riyanta kepada BBC Indonesia, Minggu (13/05).

"Saya menduga ini tidak hanya berhenti di sini. Tantangan berat bagi Polri untuk menangani ini, tapi saya yakin Polri mampu," tambahnya. Menurutnya, kasus kerusuhan di rumah tahanan teroris di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, menjadi alarm bagi kebangkitan sel tidur teroris di Indonesia.
"Dan sekarang mereka sudah bangkit," kata Stanislaus.

bom meledak


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anang Hermansyah Marah karena Tik Tok

Anang Hermansyah Marah karena Tik Tok PELANGIQQ NIGHT STORY  Keluarga pasangan Anang Hermansyah dan Ashanty ternyata kena demam aplikasi Tik Tok. Menurut Ashanty, awalnya para pekerja rumah tangga mereka yang memainkan aplikasi itu bersama putrinya, Arsy (3). "Mbak-mbak di rumah ini kan kecentilan banget, Tik Tok setiap hari. Aku sempat marah karena Arsy diajakin Tik Tok. Nah Arsy kan masih kecil yang enggak suka lagu dewasa," kata Ashanty saat ditemui di kediamannya di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6/2018). "Lagu dangdut saja satu-satunya yang dia tahu itu lagu 'Sayang', yang lain dia enggak tahu," imbuhnya. Namun, saat melihat kelucuan Arsy, Ashanty lantas merekamnya dan lalu mengunggah video itu ke akun Instagram-nya, @ashanty_ash. "Tiba-tiba nyanyi lagu 'Lagi Syantik' gitu-gitu. Tapi dia ekspresinya lucu banget. Mukanya benar-benar yang gitu kan. Ya Allah lucu ya," tutur Ashanty. "Jadi aku kayak keterusa

20 Sikap Wanita yang Disukai Pria

20 Sikap Wanita yang Disukai Pria PELANGIQQ NIGHT STORY  Wanita memanglah makhluk misterius yang memiliki segudang emosi dan kode yang terkadang seringkali membuat pria penasaran. Namun tak jarang sikap wanita yang seperti itu juga membuat para pria merasa malas dan justru menjauh dari wanita tersebut. Lantas seperti apa sebenarnya sikap wanita yang disukai pria pada umumnya ? meskipun masing-masing orang berbeda namun ada 20 sikap umum dari wanita yang sudah jelas disukai oleh pria dan menjadikannya hal yang menarik tersendiri. Apa saja ? 1. Pengertian Tidak hanya pria ke wanita atau sebaliknya, pengertian memang dibutuhkan kedua belah pihak dalam sebuah hubungan. Sikap pengertian seorang wanita bisa membuat seorang pria merasa dihargai dan diterima dengan baik, bukan hanya dimengerti dan dipahamis aja. Terutama jika tipe pria yang dimaksud merupakan seseorang yang misterius. Pengertian merupakan kunci utama untuk menarik sikap pria. Sikap ini tercermin dari adanya ra

Jokowi: Pilihlah Pemimpin yang Dianggap Paling Baik

Jokowi: Pilihlah Pemimpin yang Dianggap Paling Baik BANDAR66 || BANDARQ || PELANGIQQ || ADUQ || CAPSA SUSUN ||  SAKONG || DOMINO99 || PLAY POKER PELANGIQQ NIGHT STORY  Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat untuk saling menjaga persatuan dan menghilangkan kebencian jelang Pilkada 2018 dan Pilpres 2019. "Mari kita sadari bersama-sama, kita ini saudara sebangsa setanah air. Beda pilihan silakan, karena ini pesta demokrasi. Jangan sampai karena beda pilihan, jangan sampai kita retak atau tidak saling menyapa antartetangga," kata Jokowi, di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Khairiyah, Kota Cilegon, Banten, Jumat (11/5/2018). Terlebih, Indonesia memiliki 263 juta jiwa penduduk di 17 ribu pulau, dengan 714 suku, 1.100 lebih bahasa daerah, 524 kabupaten dan kota, hingga 34 provinsi. Di hadapan seribu ulama Banten, dia meminta jangan ada lagi politik kebencian yang disebar melalui media sosial (medsos), karena itu bisa memecah belah kesatuan bangsa. &qu